Cara Membasmi Tikus

Posted On March 30, 2011

Filed under TIKUS
Tags: , , ,

Comments Dropped leave a response


Cara Membasmi Tikus yang efektif sampai saat ini adalah jebakan tikus dan umpan racun.

1. Jebakan Tikus

Beberapa keuntungan jika kita membasmi tikus menggunakan metode trapping adalah:

* Tanpa racun sehingga lebih aman dibandingkan umpan racun.
* Tidak ada masalah bau bangkai seperti yang biasa diketemui jika menggunakan umpan racun.
* Terdapat bukti nyata tertangkapnya tikus.

Tikus sangat sensitive terhadap obyek baru disekitarnya termasuk jebakan yang kita pasang oleh karena itu awal pemasangan jebakan biarkan jebakan tidak diaktifkan untuk beberapa hari hingga umpan yang dipasang di jebakan dimakan tikus, setelah tikus memakan umpan aktifkan jebakan tersebut.

Perangkap Tikus

Gunakan umpan yang sifatnya lengket seperti selai kacang dicampur dengan kismis, roti, coklat dan sebagainya yang biasa mereka makan dirumah anda. Pasang jebakan dengan jumlah yang cukup antara 5 – 10 jebakan perlubang/ sarang dengan jarak 50 cm antar jebakan karena umumnya kegagalan dalam penggunaan jebakan karena sedikitnya jumlah jebakan yang dipakai. Jika menggunakan live trap lepaskan tikus ditempat yang bukan habitatnya jika dilepaskan secara asal tikus tersebut akan kembali ke rumah anda atau ke rumah orang lain. Hati-hati jika melepaskan tikus gigitan mereka bisa menyebabkan penyakit, gunakan sarung tangan selain mengurangi resiko gigitan juga menghindari bau manusia di jebakan. Cara Membasmi tikus menggunakan jebakan sangat cocok untuk area yang tidak membolehkan kontaminasi, seperti area penyimpanan makanan karena dikhawatirkan jika menggunakan racun akan mengkontaminasi makanan jika terbawa tikus.

2. Poisson Bait/ Umpan Racun

Cara membasmi tikus menggunakan umpan racun sangat efektif karena sangat mudah diaplikasikan dan memberikan hasil yang cepat, namun umpan racun ini mempunyai kelemahan yaitu masalah bau bangkai tikus yang mati terutama di daerah yang tidak bisa kita jangkau. Hati-hati dalam memasang umpan racun di tempat dimana anak-anak, hewan peliharaan atau hewan lainnya biasa bermain, agar aman gunakan wadah khusus (bait station) untuk mencegah hal ini.

Bait Station

Kandungan umpan racun saat ini yang banyak digunakan adalah brodifacum atau bromodiolone yang merupakan racun anticoagulant. Racun anticoagulant merupakan racun slowacting berdaya racun rendah dan membutuhkan waktu beberapa hari setelah umpan termakan agar tikus tersebut mati sehingga tidak ada efek jera terhadap tikus. Kelemahan daya racun tinggi terhadap tikus adalah menyebabkan efek jera sehingga hanya membunuh sedikit tikus karena setelahnya tikus tidak mau memakan racun tersebut.

sumber: http://basmitikus.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.